Jumat, 04 Juli 2008

Penjernihan Emosi

Hai sobat Koe... hari ini Koe nulis lagi Nich... Semangat! :)
Kali ini tentang langkah dalam perjenihan emosi kita, atau dalam bahasa ESQ na Zero Mind Process (ZMP). Apa saja itu dan apa manfaat na? berikut ini kupasan materinya :) n Koe Ucapkan Selamat membaca dan merenungi ! Yuupz, Semangat! :)

"Allah adalah cahaya langit dan bumi,
Perumpamaan cahayanya-Nya adalah misykat. Dalam misykat itu ada pelita. Pelita itu dalam kaca, Kaca itu laksana bintang berkilau. Dinyalakan dengan minyak pohon yang diberkati. Pohoh zaitun yang bukan di timur atau di barat.Yang minyaknya hampir hampir menyala dengan sendirimya, walaupun tiada api menyentuhnya. Cahaya diatas cahaya! Allah menuntun kepada cahaya-Nya, siapa saja yang Ia kehendaki. Dan Allah membuat perumpamaan bagi manusia. Sungguh Allah maha mengetahui segala"
(QS An Nur 24:35)
Langkah- langkah dalam ZMP:
  1. Hilangkan segala bentuk pra sangka negatif yang ada dalam pikiran kita, dan berupayalah untuk berpra sangka baik kepada orang lain. Orang yang memiliki suara hati merdeka, akan lebih mampu melindungi pikirannya. Ia mampu memilih respon positif ditengah lingkungan yang buruk. Ia mendorong dan menciptakan kondisi lingkungan untuk saling percaya, saling mendukung dan sikap yang terbuka dan kooperatif.
  2. Berprinsiplah selalu kepada Allah yang maha abadi. Berprinsip kuat pada sesuatu yang abadilah yang akan mampu membawa manusia kearah kebahagiaan dan keamanan yang hakiki.
  3. Bebaskan diri anda dari pengalaman-pengalaman yang membelenggu pikiran, berpikirlah merdeka!
  4. Dengarlah suara hati, peganglah prinsip "karena Allah", berpikirlah melingkar, sebelum menentukan kepentingan dan prioritas.
  5. Lihatlah semua sudut pandang secara bijaksana berdasarkan semua suara hati yang bersumber dari Asmaul Husna( 99 Thinking Hat)
  6. Periksa pikiran anda terlebih dahulu sebelum menilai segala sesuatu, jangan melihat sesuatu karena pikiran anda, tetapi llihatlah sesuatu karena apa adanya.
  7. Jangan terbelenggu oleh literatur-literatur, berpikirlah dengan merdeka, jadilah orang yang berhati "ummi', karena hal itu akan melahirkan kesadaran diri.

Hasil dari ZMP itu adala seseorang yang telah terbebas dari belenggu prasangka negatif, prinsip-prinsip hidup yang menyesatkan, pengalaman yang mempengaruhi pikiran, egoisme kepentingan, pembanding-pembanding yang subjektif, serta terbebas dari pengaruh belenggu literatur yang menyesatkan. Dan ia adalah orang yang merdeka.

1 komentar:

  1. Wasiat Lukmanul Hakim kepada anaknya:
    wahai anakku, dirikanlah sholat, kemudian seru lah manusia to berbuat baik dan cegahlah manusia dari perbuatan yang mungkar dan bershobarlah atas apa yang menimpamu.. demi sungguh yang demikian itu merupakan perkara yang sangat diutamakan... hikmah yang bisa dipetik dari kisah diatas: bahwasanya sholat,amar ma'ruf-nahi mungkar serta bershobar atas perkara itu lebih diutamakan dari pada rumah, mobil, emas, perak, dan perhiasan dunia lainnya.. tapi kenapa sebaliknya??? manusia lebih mementingkan rumah, mobil, emas, perak dan perhiasan dunia lainnya dari pada mendirikan sholat, amar ma'ruf - nahi mungkar.. ini dapat menjadi bahan renungan bagi kita semua, bahwasanya to saat ini sampai ke depannya kita harus mendahulukan Sholat dan amar - ma'ruf nahi mungkar diatas segalanya.. sesuai dengan sabda Nabi SAW: apabila umat ku sudah mengagungkan dunia maka akan tercabut dari nya kehebatan islam, apabila umat ku sudah meninggalkan amar ma'ruf - nahi mungkar maka akan tercabut kehebatan islam darinya... wallohu'alam bish-showab... Wassalamu'alaikum wr wb......

    BalasHapus