Jumat, 11 Juli 2008

Birrul Walidain

Hai sobat, kenalkah kamu dengan kalimat 'birrul walidain' , ? , Birrul walidain artinya berbakti kepada orang tua, pertanyaan lagi nich, sudahkah kita berbakti kepada orang tua kita?, sebaiknya kita jawab sendiri, intropeksi diri dan jujurlah pada diri sendiri. Sobat, dirimu pasti sudah tahu tentang amalan yang paling di sukai dan dicintai oleh Allah SWT.
Abdullah bin Mas'ud r.a. berkata, saya bertanya kepada Rasulullah SAW, "Apakah amal yang paling dicintai Allah?" Nabi Muhammad SAW. bersabda, "Sholat tepat pada waktunya."Saya bertanya, "Kemudian apa lagi?" Nabi Muhammad SAW. bersabda, "Berbakti kepada kedua orang tua."Kemudian saya bertanya, "kemudian apa lagi?" Jawab Nabi Muhammad SAW. bersabda, "Jihad fii sabillilah" (H.r. Bukhori-Muslim).

Birrul walidain bukanlah sebuah kewajiban, tapi adalah sebagai ekspresi keimanan , bukti kecintaan, wujud ketaatan kita kepada Allah SWT dan Rasulullah, sebagai ganjarannya justru kebahagian dunia dan akhirat yang akan kita dapatkan, insya Allah. Dan ingat!, kesuksesan anak sangat bergantung pada do'a dan keridhaan orang tuanya, terutama Ibu kita.Ok Sobat, mari kita planning kan diri kita untuk berbakti dan kita mulai dari hal-hal yang sederhana, contohnya mulai dengan senyuman pada saat berjumpa dengan orang tua, santun dalam berbicara kepada mereka.
bersambung nih.......

1 komentar:

  1. Alloh SWT akan menurunkan azab kpd suatu kampung / negeri, ttp karena ada tiga amalan yg dibuat oleh manusia pd waktu itu, maka Alloh SWT tangguhkan azab-Nya.. 1) ada nya orng yg snantiasa memakmurkan msjd2 Alloh SWT, 2) Adanya orng yg menghubungkan tali silaturohim krn Alloh, 3) Adanya orng yg snantiasa bangun mlm (qiyamul lai) kemudian b'doa kpd Alloh sambil meminta ampun atas kesalahan dan dosa yg telah ia perbuat serta kesalahan & dosa kaum muslimin..Wallohu'alam bish-showab..Innaka antal 'alimul hakim

    BalasHapus